Berita Terbaru

Trend Minggu Ini

Advertisement

Iklan 300x250

Selama Ramadan, Masjid Istiqlal Siapkan 3.000 Takjil Gratis Setiap Hari

Jakarta - Masjid-masjid di bulan Ramadan biasanya menyiapkan buka bersama dan sahur bersama. Begitupun dengan Masjid Istiqlal. Masjid terbesa di Jakarta ini akan menyiapkan 3.000 takjil (makanan ringan untuk berbuka puasa) gratis setiap harinya.

"Tahun ini menyediakan rata-rata 3.000 takjil. Berupa nasi, kue, atau buah," ujar staf kesekretariatan Masjid Istiqlal, Nasruddin, kepada detikcom, Selasa (17/7/2012).

Meski menyiapkan dalam jumlah banyak, Nasrudin mengatakan takjil yang disiapkan selalu habis dibagikan kepada jamaah. Agar tak kehabisan, dia menyarankan agar bagi yang berpuasa datang sebelum pukul 17.00 WIB.

Dia juga mengatakan sambil menunggu waktu berbuka, pihak yakmir masjid Istiqlal juga akan menggelar pengajian.

"Sebelum buka, kami ada pengajian. Ustaznya bergantian, nanti akan ada jadwalnya," tambah Nasruddin.

Nasrudin menjelaskan takjil tersebut berasal dari infak Masjid Istiqlal dan para donatur. Mulai dari sekarang, pihak masjid sudah membuka kesempatan bagi para donatur yang ingin berpartisipasi.

"Kalau mau berpartisipasi, datang saja ke sini, ke kamar 48," lanjutnya.

Dengan ribuan takjil yang dibagikan, sudah tentu akan menimbulkan lonjakan volume sampah di area masjid. Untuk itu, pihak Masjid Istiqlal menyiapkan 55 personel kebersihan yang akan memastikan area masjid sudah bersih sebelum waktu Taraweh tiba.

"Sebelum taraweh, masjid sudah harus dalam kondisi bersih. Agar jamaah nyaman beribadah. Sementara untuk keamanan ada sekitar 40 personel," ujar Nasruddin.

Sumber : DETIK.com

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda

Blog ini DOFOLLOW Silahkan berkometar sesuai artikel yang nyepam langsung di banned