Berita Terbaru

Trend Minggu Ini

Advertisement

Iklan 300x250

Ternyata Dengan berpuasa bisa Sembuhkan Sakit Maag

Sakit maag fungsional dapat disembuhkan dengan menjalani ibadah puasa Ramadan, demikian ungkap dokter penyakit dalam dari Divisi Gastroenterologi RSCM-FKUI, Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB.

"Dengan berpuasa tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih 14 jam, akan membuat perubahan tingkat asam lambung menjadi berubah," kata Ari pada sebuah simposium di FKUI-RSCM..

Dia mengungkapkan puasa akan meningkatkan kadar gastrin dan menurunkan kadar asam lambung, karena selama puasa terjadi perubahan metabolisme akibat pembatasan makanan dan minuman.

"Lebih dari 60% pasien sakit maag fungsional dapat sembuh karena berpuasa, dan metabolisme tubuh kembali normal usai berpuasa," ujar Ari yang menambahkan obat maag harus tetap diminum untuk menekan kadar asam lambung.

Ari mengemukakan, sakit maag fungsional dapat sembuh setelah menjalani puasa selama 30 hari karena pola makan saat berpuasa menjadi lebih teratur.

"Otomatis konsumsi rokok, camilan berlemak dan kopi yang banyak mengandung gas juga berkurang," kata Ari yang menyebutkan bahwa rokok, camilan berlemak dan kopi adalah tiga hal yang memicu sakit maag fungsional.

Sakit maag fungsional terjadi akibat makan yang tidak teratur, kebiasaan memakan camilan yang berlemak, terlalu banyak minum kopi atau soda, merokok, serta stress, papar Ari.

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda

Blog ini DOFOLLOW Silahkan berkometar sesuai artikel yang nyepam langsung di banned